Translate

Assallammualaikum dan selamat datang sobat di blog Jendela Ilmu, maaf saya jarang post beberapa hari ini karena disibukan dengan tugas kuliah dan UTS, kembali ke tema cerita, kali ini saya mau share tentang Tips aman berbelanja Online.


Ahir ahir ini internet memang sangat marak perdagangan dan cukup diminati masyarakat karena transaksi yang simple dan mencakup banyak area(Seluruh Pengguna internet). seiring berkembangnya market internet tidak sedikit oknum yg bertindak jahiil terhadap pembeli, ahirnya konsumenlah yang dirugikan. masalah tersebut secara tidak langsung mendorong kita (konsumen) ataupun yang ingin mencoba simplenya perdagangan internet menjadi was - was dan kecermatan pembeli pun harus ditingkatkan untuk mengatasi kejahilan oknum yang tidak bertanggng jawab.

Berikut beberapa tips sederhana untuk menghindari kejahilan oknum curang tersebut :


1. Pastikan kita berbelanaja dari  situs - situs resmi ataupun yang sudah terkenal dengan pelayanan maupun produk unggulannya.

2. Jika kita baru atau belum mengenal situs resmi hindari pembelian di situs gratisan karena situs gratisan rawan penipuan. Jika ingin membeli dari situs gratisan pastikan di informasi blog, tertulis tentang biodata lengkap penanngung jawab situs jadi sewaktu - waktu bisa di hubungi jika terjadi masalah.

3.  Carilah terlebih dahulu hal negatif maupun positif toko online yang anda minati. dengan begitu anda akan tau seluk beluk tentang toko online tersebut..

4. Coba tanya pendapat orang lain tentang toko online tersebut.

5. Bagi yang berbelanja di situs internasional usahakan cari situs yang udah ternama untuk menghindari kekecewaan saat membeli.

6. Bagi situs nasional usahakan anda bertemu langsung dengan pembeli, bertujuan untuk meminimalis tindakan kecurangan.

7. Pastikan produk yang anda beli ASLI atau sesuai yang anda inginkan.

8. Jika sobat ingin beli produk yang sobat tidak tau mana yang bagus mana yang buruk, ajaklah teman sobat yang sudah berpengalaman untuk menghindari penipuan.

9. bagi yang berbelanja dari situs sosial semisal facebook, twitter, dan youtube, usahakan anda bertemu dengan orangnya langsung, dan jangan lupa untuk mengecek grub dan facebook penjual, lihat profilnya apakah menggunakan profil asli atau palsu.


Sekian Tips Berbelanja Online, jika ada pertanyaan bisa comment atau hub admin, saya akan sangat senang berbagi pengetahuan dengan anda. Jika ada kekurangan mohon maaf .




Mohon Kunjungannya di Marketplace Jendela Ilmu

0 comments:

Post a Comment

 
Top