Translate

Selamat malam sahabat Jendela Ilmu dimanapun anda berada, kesempatan kali ini saya mau share tentang Mcam-macam tipe jaringan, berikut silahkan disimak :)

1. Jaringan Client-Server


Server yaitu computer yang menyediakan fasilitas bagi komputer-komputer lain, sedangkan Client yaitu komputer-komputer yang menerima fasilitas yang disediakan oleh server.Setiap tipe jaringa tentu memiliki keunggulan dan kelemahan .Keunggulan dan kelemahan dari tipe ini adalah sebagai berikut  
a. Keunggulan
1) Kecepatan aksesnya lebih tinggi.
2) System keamanan dan administrasi jaringan lebih baik.
3) System backup data lebih baik
b.Kelemahan
1)Biaya operasional pasti lebih mahal.
2)Dibutuhkan satu komputer khusus yang berkemampuan lebih untuk ditugaskan sebagai server.
3)Sangat ketergantung pada server, karena jika server mengalami gangguan atau masalah, maka secara keseluruhan jaringan akan terganggu .
  2. Jaringan peer To peer

Jaringan tipe peer to peer diistilahkan dengan non-dedicated server, yaitu server tidak hanya berperan sebagai server murni, tetapi dapat juga berperan sebagai workstation.Seperti tipe jaringanlainnya,tipe ini juga memiliki keunggulan dan kelemahan,
a. Keungulan
1) Komputer dalam jaringan dapat  saling berbagi-pakai fasilitas yang dimilikinya seperti: harddisk, drive, fax/modem, printer.
2) Biaya operasional pasti lebih murah.
3) Kelangsungan kerja jaringan tidak tergantung pada satu server, karena jika salah satu komputer mati atau rusak, jaringan secara keseluruhan tidak akan mengalami gangguan.
b. Kelemahan
1)Troubleshooting jaringan lebih suli tdibandingkan dengan jaringan client server, karena pada jaringan tipe peer to peer setiap komputer dimungkinkan untuk terlibat dalam komunikasi yang ada. Pada jaringan client-server, komunikasinya terjalin antara server dengan workstation.
2)Unjuk kerja lebih rendah dibandingkan dengan jaringa client-server.
3)Sistem keamanan jaringan ditentukan oleh masing-masing user dengan mengatur keamanan masing-masing fasilitas yang dimiliki.

Sekian pembahasan tipe jaringan yang saya share, sampai juga di posting berikutnya.
Buat anda yang mau bertanya silahkan berkomentar atau bisa hubungi saya, saya akan sangat senang dengan partisipasi anda.

0 comments:

Post a Comment

 
Top