Translate

Untuk sobat yang masih bngung apa yang di maksut RAM dan apa yang di maksut ROM dan perbedaan diantaranya silahkan bisa di baca Pengertian dan Perbedaan RAM & ROM di bawah ini.
Bisa anda lihat foto perbedaanya sekarang kita akan menjelaskan perbedaannya.

RAM

adalah kependekan dari Random Access Memory RAM digunakan untuk menyimpan data sementara di PC/Laptop maksutnya ketika anda melakukan sebuah pekerjaan seperti mengetik data akan di simpan secara otomatis di RAM untuk data sementara, dan baru akan disimpan secara permanen di harddisk ketika anda melakukan penyimpanan. baca juga tentang pengertian Harddisk di sini.

Struktur dari RAM dibagi menjadi 4 bagian, yaitu:
1. Input storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan lewat alat input
2. Program storage, dipakai untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan di proses
3. Working storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil dari pengolahan
4. Output storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output

RAM sendiri sekarang udah sampai DDR 3, DDR 2, DDR 1 dll dengan kapasitas yang berbeda - beda.

JENIS-JENIS RAM
Berdasarkan cara kerja:
1. Dynamic RAM (DRAM)
*FastPage Mode DRAM (FPM DRAM)
* Extended Data Output DRAM (EDO DRAM)
* Synchronous DRAM (SDRAM)
* Rambus DRAM (RDRAM)
* Double Data Rate SDRAM (DDR SDRAM)
* Untuk video :
1. Video RAM (VRAM)
2. Windows RAM (WRAM)
3. Synchronous Graphic RAM (SGRAM)

2. Static RAM (SRAM)

Berdasarkan Module:

1. Single Inline Memory Module (SIMM), Mempunyai kapasitas 30 atau 72 pin. Memori SIMM 30 pin untuk kegunaan PC zaman 80286 sehingga 80486 dan beroperasi pada 16 bit. Memory 72 pin banyak digunakan untuk PC berasaskan Pentium dan beroperasi pada 32 bit.

2. Double Inline Memory Module (DIMM), Berkapasitas 168 pin, kedua belah modul memori ini aktif, setiap permukaan adalah 84 pin. Ini berbeda daripada SIMM yang hanya berfungsi pada sebelah modul saja. Menyokong 64 bit penghantaran data. SDRAM (synchronous DRAM) menggunakan DIMM. Merupakan penganti dari DRAM, FPM (fast page memory) dan EDO.

3. RIMM (Rambus), Dulu dikenali sebagai RDRAM. Adalah sejenis SDRAM yang dibuat oleh Rambus. DRDRAM digunakan untuk CPU dari Intel yang berkecepatan tinggi. Pemindahan data sama seperti DDR SDRAM tetapi mempunyai dua saluran data untuk meningkatkan kemampuan. Juga dikenali sebagai PC800 yang kerkelajuan 400MHz.

ROM

Adalah kepanjangan dari Read Only Memory seperti pengertiannya isi dalam ROM hanya bisa di baca dan ttidak bisa di edit karena berisi informasi PC tersebut yang sudah settingngan perusahaan pembuatnya.

Jenis-jenis ROM

1. Mask ROM
Mask ROM adalah ROM yang tidak bisa ditulis ulang (non-flashable) sehingga tidak dapat di up-grade.

2. PROM (Programmable Read-Only Memory)
PROM merupakan sebuah chip memory yang hanya dapat diisi data satu kali saja. Sekali saja program dimasukkan ke dalam sebuah PROM, maka program tersebut akan berada pada PROM seterusnya.

3. EPROM (Erasable Programmable Read-Only Memory.
EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory) adalah sebuah ROM yang dapat diprogram ulang dan dihapus. Berdasarkan proses pengisiannya terdapat dua jenis EPROM, yaitu UV EPROM dan EEPRb OM. UV EPROM (Ultraviolet EPROM) membutuhkan cahaya ultraviolet untuk menghapus data yang ada di dalamnya, sedangkan EEPROM (Electrical EPROM) yang hanya menggunakan aliran listrik saja dalam menghapus atau mem-program ulang isinya.

4. EEPROM ( Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory)
EEPROM merupakan kependekan dari Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory. EEPROM adalah tipe khusus dari PROM (Programmable Read-Only Memory ) yang bisa dihapus dengan memakai perintah elektris.

Sekian posting mengenai Pengertian dan Perbedaan RAM & ROM, jika anda mau bertanya silahkan bisa berkomentar atau menghubungi kami, kami akan sangat senang dengan partipasi anda.

0 comments:

Post a Comment

 
Top