Translate

Selamat malam untuk pengunjung blog Jendela Ilmu, sebelumnya kami telah posting tentang Cara Menginstall Mikrotik  Kesempatan kali ini kami akan berbagi tentang Pengertian Router, langsung di simak saja Pengertian Router.



Router adalah sebuah konputer khusus, router mempunyai komponen-komponen dasar yeng sama dangan PC dasktop, Router mempunyai CPU, memori , sistem bus, dan banyak interface input/output. Router didisain untuk melakukan tugas khusus yang tidak dimiliki oleh PC destop. contoh, Router menghubungkan dan mengijinkan komunikasi antara dua jaringan dan menentukan jalur data yang melalui koneksi jaringan.

sama dengan PC, router membutuhkan operating system untuk menjalankan fungsinya, yaitu Internetwork Operating system (IOS) software untuk menjalankan file-file konfigurasinya. Konfigurasi-konfigurasi ini berisi perintah-perintah dan parameter yang mengontrol aliran trafik yang masuk dan keluar dari router. Router menggunakan protokol routing untuk menentukan jalur terbaik.

Fungsi utama dari sebuah router adalah untuk mengirimkan data menggunakan alamat layer 3. Proses ini disebut dengan routing. Routing terjadi pada layer network, ataulayer 3. Jika WAN beroperasi pada layer 1,2 dan 3, apakah router adalah peralatan untuk LAN atau WAN ? jawabannya adalah dua-duanya

.Router dalam WAN adalah untuk mengantarkan paket data pada layer  3, tapi ia juga bisa dipakai dalam LAN. pada saat router menggunakan standar dan protokol layer fiksi dan layer data link maka ia beroperasi sebagai peralatan WAN. sebagai contoh, sebuah router mungkina harus mempunyai interface ISDN yang menggunakan enkapsulasi PPP dan sebuah interface serial yang terhubung ke jalur TI yang menggunakan enkapsulasi frame Relay. Router harus mampu merubah bit stream  dari tipe layanan yang satu ke tipe yang lain, dalam hal ini ISDN ke TI dan merubah enkapsulasi data link dari PPP ke Frame Relay.


Sekian tentang pengertian router, jika anda punya masukan dan saran silahkan menghubungi admin, kami akan sangat sesang dengan partisipasi anda, dan bantu share untuk berbagi ilmu ini pengguna internet lainnya.

0 comments:

Post a Comment

 
Top